Pertemuan 1 Kelas IX Kondisi geografis Benua Asia dan Amerika

Materi : Kondisi geografis Benua Asia dan Amerika


A. Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya


Assalamualaikum Wr. Wb,

            Apa kabar anak-anakku semuanya, semoga tetap sehat dan tetap semangat untuk mengikuti pembelajaran meskipun dari rumah. Jangan lupa untuk selalu mematuhi anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan dengan cara rajin cuci tangan menggunakan sabun, memakai masker jika sedang bepergian dan menjaga jarak fisik (physical distancing) maupun jarak sosial (social distancing). Insyaallah dengan cara seperti itu kita bisa mengurangi resiko penyebaran Covid-19. Kita bisa menjadi pahlawan untuk diri kita sendiri dan untuk orang yang kita sayangi.

            Pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari mengenai letak dan luas wilayah benua Asia. selanjutnya amatilah peta Benua Asia berikut ini!

                                                                                 Peta Benua Asia

                                                                            sumber:https://www.abundancethebook.com/peta-benua-asia/                 

Serta amatilah video berikut ini!


Benua Asia terletak pada 26o BT – 170o BT dan 11o LS – 80o LU. Hampir seluruh wilayahnya berada di belahan bumi utara (BBU). Hanya sebagian kecil pulau yang berada di belahan bumi selatan, termasuk Indonesia. Batas Benua Asia ialah Samudra Arktik di utara, Samudra Hindia di selatan, Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah di barat, serta dengan Selat Bering dan Samudra Pasifik di timur.

Benua Asia merupakan benua terluas di permukaan bumi. Luasnya mencapai 44.000.000 km2 atau seperempat luas wilayah daratan dunia atau empat setengah kali luas Benua Eropa. Wilayahnya membentang dari Turki di bagian barat sampai Rusia di bagian timur. Benua Asia juga meliputi Indonesia di selatan sampai Rusia di utara mendekati kutub utara. Dibandingkan dengan negara lainnya di Asia, maka Rusia adalah negara terluas di Benua Asia.

Setelah mengikuti kegiatan diatas kerjakanlah di Buku Catatan berikut in 

Lengkapi tabel berikut ini dengan data yang sesuai ! 

No

Nama Benua

Letak Astronomis

Letak Geografis

Luas Wilayah

Keadaan Iklim

 

Batas wilayah

1

 

Asia

 

 

 

 

 

 

 

 

Utara:

Selatan:

Timur:

Barat


No

Nama Benua

Pembagian Region

Contoh Negara (Minimal 4 negara)

1

Asia

Asia Timur

 

Asia Barat

 

Asia Selatan

 

Asia Tenggara

 

Asia Tengah

 

CARA MENGUMPULKAN TUGAS

1.      Fotolah hasil pekerjaanmu, lalu kirimkan ke alamat google drive berikut 


CATATAN GURU

1.      Lengkapilah buku catata kalian sesuai penjelasan Bapak/Ibu Guru sebagai bukti kalian belajar. Buku catatan tersebut pada saatnya akan dikumpulkan untuk dinilai.

2.      Catatlah jawaban latihan dan tugas pada buku tugas kalian. Jika tugas yang kalian kirimkan tidak sampai maka buku tugas tersebut sangat diperlukan Bapak/Ibu Guru dalam memberi nilai.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan 1 Mengenal Negara – Negara ASEAN

KELAS IX Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Interaksi Antarnegara-negara ASEAN