PERTEMUAN 2 KELAS IX BENUA AMERIKA

2. Benua Amerika

Assalamualaikum Wr. Wb,

            Apa kabar anak-anakku semuanya, semoga tetap sehat dan tetap semangat untuk mengikuti pembelajaran meskipun dari rumah. Jangan lupa untuk selalu mematuhi anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan dengan cara rajin cuci tangan menggunakan sabun, memakai masker jika sedang bepergian dan menjaga jarak fisik (physical distancing) maupun jarak sosial (social distancing). Insyaallah dengan cara seperti itu kita bisa mengurangi resiko penyebaran Covid-19. Kita bisa menjadi pahlawan untuk diri kita sendiri dan untuk orang yang kita sayangi.

    

 Pete Benua Amerika

        Benua Amerika sering juga disebut sebagai Benua Merah. Sebutan itu didapat karena benua tersebut terdapat Suku Bangsa Indian. Suku Indian tidak berkulit merah sebenarnya kulit mereka terlihat merah karena suku indian suka melumuri kulit dengan cat berwarna merah Benua Amerika terletak pada 1700 BT–350 BB dan 830 LU–550 LS. Batas Benua Amerika ialah Samudra Arktik di utara, Laut Weddel, Samudra Atlantik, dan Samudra Pasifik di selatan, Samudra Atlantik di timur, serta Samudra Pasifik di barat. Benua Amerika merupakan benua terbesar kedua setelah Asia. Luas Benua
Amerika mencapai 42.057.100 km2

            Secara geografis, Amerika terbagi atas empat kawasan atau region yakni kawasan Amerika Selatan, Amerika Utara, Amerika Tengah dan Kepulauan Karibia yang terletak di sekitar Amerika bagian tengah. Sejumlah ahli geografi berpendapat bahwa Meksiko masuk ke dalam wilayah Amerika Tengah. Peta berikut menggambarkan pembagian wilayah Benua Amerika.

Setelah mengikuti kegiatan diatas kerjakanlah di Buku Catatan berikut in 

Lengkapi tabel berikut ini dengan data yang sesuai ! 

No

Nama Benua

Letak Astronomis

Letak Geografis

Luas Wilayah

Keadaan   Iklim

 

Batas wilayah

1

 

Amerika

 

 

 

 

 

 

 

 

Utara:

Selatan:

Tengah

Kepulauan Karibia


No

Nama Benua

Pembagian Region

Contoh Negara (Minimal 4 negara)

1

Amerika

Amerika Selatan

 

Amerika Tengah

 

Amerika Utara

 

Kepulauan Karibia

 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan 1 Mengenal Negara – Negara ASEAN

KELAS IX Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Interaksi Antarnegara-negara ASEAN