PERTEMUAN 2 Materi : Kondisi Geografis ASEAN


Assalamualaikum Wr. Wb,

            Apa kabar anak-anakku semuanya, semoga tetap sehat dan tetap semangat untuk mengikuti pembelajaran meskipun dari rumah. Jangan lupa untuk selalu mematuhi anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan dengan cara rajin cuci tangan menggunakan sabun, memakai masker jika sedang bepergian dan menjaga jarak fisik (physical distancing) maupun jarak sosial (social distancing). Insyaallah dengan cara seperti itu kita bisa mengurangi resiko penyebaran Covid-19. Kita bisa menjadi pahlawan untuk diri kita sendiri dan untuk orang yang kita sayangi.

Anak-anak, sebelum mempelajari materi Mengenal Negara-Negara ASEAN, jangan lupa untuk berdoa. Dengan doa dan upaya kalian yang sungguh -sungguh,  Bapak dan Ibu Guru yakin kalian akan mampu menguasai materi tersebut.


                                             


Negara-negara ASEAN sebagian besar memiliki wilayah laut dengan luas sekitar 5.060.100 km2. Adapun luas wilayah daratannya ± 4.817.000 km2. Hasil laut memberikan sumbangan cukup besar bagi pendapatan masyarakat di negara- negara ASEAN. Di antara anggota-anggota ASEAN lainnya, hanya Laos yang tidak memiliki laut. Silahkan kalian identifikasi dari Gambar 1.1 negara mana saja yang berbatasan dengan Laos. Berdasarkan letak geografis, ASEAN terletak di antara dua samudra dan dua benua. Dua samudra tersebut yaitu Hindia dan Pasifik, sedangkan dua benua yaitu Asia dan Australia. Perhatikan gambar di bawah ini, lalu tunjukkan letak kedua benua dan samudra tersebut.




Berdasarkan bentuk secara geografis, negara-negara ASEAN memiliki ciri sebagai
berikut:
  • Compact, yaitu berbentuk hampir seperti lingkaran. Contohnya negara Kamboja.
  • Fragmented, yaitu berbentuk kepulauan yang terpisah-pisah. Contohnya Indonesia.
  • Elongated, yaitu bentuk memanjang. Contohnya negara Vietnam.
  • Protruded, yaitu bentuknya lebih kompleks dan beragam, biasanya terdapat tangan’ yang              memanjang. Contohnya Thailand dan Myanmar.

TUGAS/ LATIHAN

 

Agar kalian lebih memahami tentang negara-nagara ASEAN, bacalah salah satu profil negara ASEAN kemudian diskusikan dengan anggota keluargamu untuk mencari karakteristik negara tersebut.

Kemudian isikan pada tabel dibawah ini. Kerjakan di buku tugas kalian !

 

Nama Negara ASEAN :  .................

(sesuai dengan negara ASEAN yang kamu pilih)

IBU KOTA

BUDAYA

KEADAAN ALAM

 

......................

 

-     Agama ...

-    Bahasa Utama ...

-    Lagu Kebangsaan ...

-    Mata Uang...

 

 

-    Letak Astronomis ...

-    Iklim ...

-    Penduduk ...

-    Sumber daya alam ...


CATATAN GURU

1.      Lengkapilah buku catata kalian sesuai penjelasan Bapak/Ibu Guru sebagai bukti kalian belajar. Buku catatan tersebut pada saatnya akan dikumpulkan untuk dinilai.

2.      Catatlah jawaban latihan dan tugas pada buku tugas kalian. Jika tugas yang kalian kirimkan tidak sampai maka buku tugas tersebut sangat diperlukan Bapak/Ibu Guru dalam memberi nilai.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan 1 Mengenal Negara – Negara ASEAN

KELAS IX Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Interaksi Antarnegara-negara ASEAN