Pertemuan 3 Kelas 8 Pengertian dan faktor pendorong dan penghambat kerja sama Asean

Assalamualaikum Wr. Wb,

            Apa kabar anak-anakku semuanya, semoga tetap sehat dan tetap semangat untuk mengikuti pembelajaran meskipun dari rumah. Jangan lupa untuk selalu mematuhi anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan dengan cara rajin cuci tangan menggunakan sabun, memakai masker jika sedang bepergian dan menjaga jarak fisik (physical distancing) maupun jarak sosial (social distancing). Insyaallah dengan cara seperti itu kita bisa mengurangi resiko penyebaran Covid-19. Kita bisa menjadi pahlawan untuk diri kita sendiri dan untuk orang yang kita sayangi.

            Pada pertemuan hari ini kita akan membahas tentang materi Pengertian dan faktor pendorong dan penghambat kerja sama Asean.  Perhatikal artikel dibawah ini yang dikutip dari kompas.com


Hubungan antarnegara-negara ASEAN semakin diperlukan seiring munculnya berbagai macam kebutuhan yang berbeda-beda dari tiap negara-negara anggota. Kebutuhan sosial, politik, ekonomi dan bidang-bidang lainnya menuntut suatu negara untuk berperan aktif dengan melakukan kerja sama antarnegara atau dengan dunia internasional. Organisasi internasional dibentuk untuk mengatasi dan meminimalisasi masalah yang dapat timbul dari interaksi antarnegara dalam berbagai bidang. ASEAN (Association of South East Asian Nation) adalah salah satu organisasi internasional yang bersifat kawasan atau region, tepatnya di kawasan Asia Tenggara. Interaksi antarnegara-negara ASEAN berupa kerja sama. Kerja sama dalam hal ini adalah menjalin hubungan antara dua negara atau lebih demi mencapai suatu kesepakatan.

          Berdasarkan artikel di atas deskripsikan faktor-faktor pendorong dan penghambat terjadinya kerja sama antar negara Asean!

Silahkan di kumpulkan pada  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan 1 Mengenal Negara – Negara ASEAN

KELAS IX Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Interaksi Antarnegara-negara ASEAN